Apakah anda seorang karyawan? ataukah anda seorang pelamar kerja pada suatu perusahaan/instansi. Biasanya seorang karyawan atau calon karyawan pada suatu tes “Psikotes” ada suatu tes yang dinamakan Kostick PAPI. Dalam hal seorang karyawan/pegawai suatu perusahaan/instansi biasanya tes ini dilakukan untuk seseorang yang akan mendapat suatu promosi atau mutasi. PAPI ™ (Personality and Preference Inventory) merupakan tes psokologi yang sangat sederhana namun terbukti secara ilmiah penilaian kepribadian yang membantu perusahaan/instansi yang berniat untuk merekrut atau untuk menilai perilaku dan pilihan gaya kerja dari calon pejabat dan/atau karyawannya. Kostick PAPI ini merupakan salah satu alat test psikologi untuk membantu Anda memberikan umpan balik yang berhubungan dengan pekerjaan, seleksi, konseling dan kesiapan promosi. Dalam tes ini biasanya berisi 90 pasangan pertanyaan yang dikelompokkan ke dalam 7 bidang yaitu :
• Leadership
• Activity
• Social Nature
• Workstyle
• Temperament
• Fellowship
• Work Direction
Papi Kostick Software menghasilkan report secara langsung berisi grafik, gambaran umum tentang 7 bidang diatas, dinamika kepribadian dan saran pengembangan.

Awalnya dikembangkan oleh Dr Max Kostick pada awal 1960-an, PAPI sekarang digunakan oleh lebih dari 1000 organisasi di seluruh dunia. Lalu, bagaimanakah cara kerja Kostick PAPI ini?

PAPI membahas berbagai dimensi kepribadian. Dimensi ini terbagi antara skala “Role” dan “Need”. Skala Role mengukur persepsi individu terhadap dirinya dalam lingkungan kerja dan melihat area-area seperti kepemimpinan, gaya kerja dan perencanaan. Skala Need yaitu menyelidiki lebih mendalam kecenderungan inheren dari perilaku individu seperti perlu menjadi bagian dari kelompok-kelompok, kebutuhan untuk diperhatikan dan kebutuhan untuk mendukungnya.

PAPI telah digunakan di seluruh dunia selama lebih dari 30 tahun dan saat ini digunakan oleh lebih dari 5000 profesional di seluruh dunia. Kuisener PAPI telah diterjemahkan lebih dari 25 bahasa dari berbagai negara yang berbeda namun demikian, hal tersebut dimungkinkan perusahaan multi-nasional dapat mengembangkan penilaian umum bahasa dan menerapkan standar penilaian yang konsisten dimanapun mereka melakukan bisnisnya. Lebih lengkapnya lagi coba ke sini

sumber : http://www.onthonk.ucoz.com/index/psikotes/0-5

About these ads